Beberapa tahun terakhir di sekolah setingkat SLTP maupun SLTA marak terjadi yang konon kata orang kerasukan makluk halus sebangsa Jin. Padahal menurut analisa saya fenomena kejadian itu tidaklah semuanya pasti kerasukan Roh halus sebangsa jin ataupun sejenisnya. Bahkan kebanyakan kejadian itu hanya disebabkan oleh faktor histeris saja. Memang adakalanya yang benar-benar kerasukan, namun salah satu anak yang benar kerasukan, yang lainnya ikutan histeris dan bertingkah seperti layaknya anak yang sedang kerasukan. Tidak jauh berbeda salah satu anak tertawa, yang lainnya juga ikutan tertawa. Salah satu anak menangis yang lainnya ikutan menangis. Salah satunya anak tepuk tangan, yang lainnya ikutan tepuk tangan.

“apakah yang menyebabkan manusia bisa kerasukan makluk halus ?

Ada beberapa faktor yang mendasari manusia bisa kerasukan roh halus

  1. Memang manusia itu diikuti oleh roh halus. Dalam istilah jawa disebut kemomong. Jadi selalu  ada interaktif atau hubungan antara manusia dengan roh halus yang mengikutinya.
  2. Memang manusia itu menghendaki dirasuki oleh roh halus dengan tujuan tertentu. Klu di  Jawa disebut Prewangan klu di Bali disebut Balian. Biasanya hal ini digunakan untuk yang berkaitan dengan perdukunan. Dalam hal ini manusia yang kerasukan sepenuhnya sifat sikap serta tingkahlakunya dikendalikan oleh roh yang merasukinya.
  3. Masuknya roh halus memang dikehendaki. Dimasukkan ke dalam organ tubuh tertentu, dengan tujuan tertentu juga. Namun hal ini biasanya dilakukan oleh orang tertentu yang memang sudah menguasai kemampuan penundukan terhadap roh halus sebangsa Jin maupun setingkat Roh Agung. Dalam hal ini kondisi manusia yang menerapkan tidak dikendalikan oleh roh yang dimasukkan, justru manusianya yang mengendalikan terhadap roh yang dimasukkannya.
  4. Masuknya roh kedalam tubuh manusia memang dikehendaki dimaksukkan oleh oranglain . dengan tujuan untuk berbuat kejahatan. Dalam hal ini biasanya untuk menguasai dan mengendalikan orang yang dimasukinya. Juga bisa untuk membuat orang yang dimasuki roh halus tersebut menjadi sakit. Biasanya hal ini diterapkan dalam hal pertenungan. Termasuk santet, teluh, jengges dan lain lainnya. Namun ada juga proses santet, jengges, tenung, tidak menggunakan roh halus namun menggunakan kekuatan lain.
  5. Manusia bisa kerasukan roh halus juga bisa diakibatkan karena kelemahan jiwanya.

“Kenapa jiwa yang lemah bisa kerasukan roh halus ataupun roh jahat ?

Manusia  yang  jiwanya lemah otomatis, energi ataupun cahaya yang mancar dari unsur  ilahi menjadi redup. Dengan redupnya energi ataupun cahaya yang merupakan pancaran dari unsur ilahi yang ada dalam diri manusia tersebut mengakibatkan roh halus tidak segan ataupun takut terhadap manusia itu. Sehingga roh jahat tersebut berani dan mampu mengendalikan atau menghalusinasi manusia itu. Dengan lemahnya jiwa seseorng bisa mempengaruhi  manusia tersebut menjadi lemah dalam hal pola pikir, penalaran  dan akalpun menjadi kurang sehat sehingga segala – galanya menjadi rancau ibarat orang buta yang kehilangan tongkatnya.

“Bagaimana agar tidak mudah kerasukan ataupun dihalusinasi oleh roh halus ataupun roh jahat yang berniat jahat terhadap diri manusia.

Jawabnya : IMAN harus kuat, karena  dengan kuatnya iman tentunya selalu adanya hubungan antara manusia dengan TUHAN sang penciptanya. Saya ibaratkan manusia itu bayi yang masih ranum dan TUHAN itu ibu atau induknya.

untuk kesehatan dan kehidupan bayi yang masih ranum tentunya harus selalu mendapat asupan ataupun suplay susu dari ibunya yang sebagai induknya. Dengan selalu adanya hubungan antara bayi dengan ibuknya tentunya akan bermanfaat untuk kesehatan serta pertumbuhan bayi tersebut.

Demikian pula halnya kita sebagai manusia, jika selalu ada hubungan dengan TUHAN yang menciptakan kita, tentunya iman kita akan menjadi semakin kuat. Pertumbuhan iman kita akan semakin kokoh. Karena kita juga akan selalu mendapatkan asupan makanan melalui firmannya. Dengan selalu adanya makanan asupan dari firman TUHAN tentunya IMAN kita menjadi  kuat. Dengan iman yang kuat tentunya jiwanya akan menjadi kuat. Dengan jiwa yang kuat tentunya akan bermanfaat terhadap penalaran yang sehat, pola pikir yang positif dan hidup penuh percaya diri. Dengan selalu mendapatkan asupan makanan firman TUHAN otomatis berdampak terhadap unsur ilahi yang berada didalam dada manusia mampu memancarkan energi ataupun cahaya yang kuat. Sehingga mampu menghalau jika ada roh halus ataupun roh jahat yang berniat jahat terhadap diri kita. Kita tidak dapat membayangkan apa yang akan terjadi  terhadap pertumbuhan bayi yang masih ranum dijauhkan dengan ibunya dan tidak mendapatkan suplay susu dari ibunya………… alhasil rapuh, lemah, mudah ikut – ikutan histeris, mudah akting kerasukan jika melihat orang yang sedang histeris……….

“bagaimana proses roh halus ataupun roh jahat merasuki ataupun mengendalikan manusia”

Ada berbagai macam cara proses roh halus mengendalikan diri manusia. Ada yang benar – benar masuk kedalam tubuh manusia, ada juga yang tidak masuk kedalam tubuh manusia, namun cuma menempel pada punggung, ada juga yang tidak masuk kedalam tubuh manusia namun cukup diluar saja dalam radius dekat ataupun jauh. Namun semua dampak dan akibatnya terlihat sama baik dari segi sikap dan tingkahlaku. Kalau yang merasuki roh jahat kelas teri biasanya pandangan orang yang kerasukan tersebut menjadi nanar, kosong, dan matanya tidak mau ditatap atau dipandang manusia. Namun jika yang merasuki  Roh halus ataupun roh jahat kelas kakap biasanya jika dipandang matanya dia akan marah.

Orang yang terkena penyakit apa saja yang dampaknya mirip dengan orang yang sedang kerasukan roh halus ataupun roh jahat

Ada berbagai penyakit yang dampaknya mirip dengan orang yang kerasukan roh halus ataupun roh jahat. Yaitu orang yang kena jantung lemah. Biasanya juga gampang menjadi histeris dan tubuhnya menjadi kejang. Orang yang kena penyakit epilepsi biasanya akan menjadi tidak sadar dan tubuhnya juga mengejang. Orang kena tetanus, tubuhnya juga mengejang dengan kuat. Keracunan makanan terutama makan biji buah kecubung. Biasanya orang yang keracunan biji buah kecubung segalanya akan menjadi error…….. layaknya orang gila.

Demikian pencerahan dari saya semoga bermanfaat dan tidak salah penafsiran mengenai kerasukan.  Dan jika ada yang memang benar – benar kerasukan roh halus roh jahat dari jenis Jin apapun juga  dan sampai sekarang masih membandel gak mau kabur……. Silahkan hubungi saya  lewat  e-mail : Whisnu.murti@Yahoo.Com atau Nyono_Krisdiantoro@Yahoo.Com pasti akan saya bantu GRATIS alias TIDAK BAYAR.

By : Nyono Krisdiantoro.